kejaksaan tinggi sumut akan mendalami korupsi Nias Selatan

Kepulauannias.com – Kasus korupsi di Nias Selatan tampaknya menjadi perhatian khusus pihak kejaksaan tinggi sumut. Penyidik Kejati Sumut terus mengembangkan penyidikan kasus dugaan korupsi pembangunan lanjutan rumah dinas, kantor Bupati dan Jamborai Nias Selatan serta pembebasan tanah yang berasal dari APBD 2007-2010, dengan total pengerjaan sebesar Rp 4.4 Milliar untuk tersangka Effendi alias Seng Hian selaku ketua DPRD Nisel.

Kantor kejaksaan tinggi sumut

Kantor kejaksaan tinggi sumut

Terakhir ini, pihak Penyidik terkait kasus korupsi tersebut telah melakukan pemeriksaan terhadap mantan Bupati Nias Selatan (Nisel) Fahuwusa Laia di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Suka Miskin Provinsi Jawa Barat, sebagai saksi.

“Kemarin(10/6) penyidik berangkat ke Suka miskin untuk memeriksa Fahuwusa Laia karena ditahan di Lapas sebagai saksi untuk tersangka Seng Hian, kan pada masa jabatan dia proyek itu berjalan”, kata Candra Purnama (Kasipenkum KejatiSu) diruang kerjanya.

Kasipenkum KejatiSu juga menjelaskan bahwa untuk pemeriksaan tersangka Effendi selaku Komisaris PT Selatan Jaya belum ditentukan kapan akan dipanggil. “Belum lagi tunggu dari tim lah, dan tinggal menunggu dari hasil audit BPKP Pusat.

“hingga saat ini telah 20 orang saksi diperiksa dalam perkara ini. “Mulai dari pejabat Pemkab Nisel dan rekanannya,”jelas Candra.

Sebagaimana diketahui, Ketua DPRD Nias Selatan (Nisel), Effendi alias Seng Hian ini ditetapkan sebagai tersangka pada 26 Maret 2013 lalu setelah ditingkatkan penangannya dari penyelidikan ke penyidikan dengan sprindik No : print -14/N.2/fd.1/03/2013. (editor:SS)

Ditulis Oleh: Pulau Nias
Pulau Nias adalah warga Kepulauan Nias lovers comunity (Masyarakat Pecinta Kepulauan Nias).
Tulisan Lain saya Koleksi Foto Pulau Nias video Pulau Nias

Tanggapan Anda?