Alat-alat Tradisional Suku Nias

Budaya KepulauanNias – Yaahowu fefu sudara-sudari ! Kali ini akan mencoba share beberapa informasi yang mungkin tidak anda ketahui semunaya “Alat-alat Tradisional Suku Nias“.

Alat Alat Tradisional budaya nias

Alat Alat Tradisional budaya nias

Peralatan Rumah Tangga dan Pertanian Suku Nias

Masyarakat tradisional Nias dalam mempertahankan hidup, bergantung pada alam dengan bercocok tanam secara berpindah-pindah. Lahan-lahan pertanian dibuka dan dikerjakan dengan peralatan yang sangat sederhana. Setelah hasil kebun dipanen dan tanah tidak produktif lagi, mereka pindah membuka lahan baru.

Ketergantungan pada alam dan kekuatan sendiri sangat dominan dalam masyarakat tradisional Nias. Berbagai peralatan rumah tangga dan pertanian dibuat sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat sederhana. Peralatan ini digunakan bukan sekedar sebagai peralatan sehari-hari, tetapi juga merupakan sarana ekspresi seni pada zaman itu. Alat-alat rumah tangga dan pertanian merupakan hasil perpaduan antara daya kreativitas dan kesenian khas yang tinggi. Ukiran-ukiran yang terdapat pada peralatan tersebut menunjukkan, bahwa para leluhur memiliki darah seni dan mencintai keindahan, karena itu mereka menciptakan sesuatu yang artistik.

Daya kreasi dan kesenian masyarakat yang disebut kuno, sebenarnya tidak pantas disebut kuno, karena apa yang telah mereka hasilkan dengan peralatan yang sangat sederhana kurang mampu direproduksi oleh generasi baru yang merasa diri mereka telah meraih kemajuan. Daya kreasi dan kesenian yang cukup tinggi telah dimatikan oleh peralatan hasil teknologi canggih yang hanya menciptakan masyarakat yang konsumtif yang cenderung malas berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru secara alami.

Alat-Alat tradisional suku nias akan saya coba share satu persatu dalam kesmpatan berikutnya antara lain : Fuyu, Töri / Hambo,  Kisa, Lösu, Halu, Niru, Nali, Kata, Hinaoya, Tumba, Lauru,  Bowoa Wakhe,  Bowoa Migö, Gala,  Balelöha,  Bakhölö Gowi,  Cucu Gowi / Fanutu Gowi, Sou-sou (To’ene asi: Koro-koro),  Töwa,  Nöu/Söu Uli Zaku, Ba’a Sebua,  Ndraga, dan masih banyak lagi lainnya.

Mungkin besok atau lusa saya dan teman teman akan mengulasnya lebih mendalam agar anda lebih mengenal lagi apa-apa saja “alat-alat tradisional orang nias”, Nantikan Kami dalm kunci topik ini!

Ditulis Oleh: Arman Batee
Arman Batee adalah warga Kepulauan Nias lovers comunity (Masyarakat Pecinta Kepulauan Nias).
Tulisan Lain saya Koleksi Foto Arman Batee video Arman Batee

Tanggapan Anda?